Bertempat di Pendopo Kecamatan Ngraho telah berlangsung Mini Lokakarya Kepaniteraan Klinik Kedokteran Komunitas,  oleh dokter muda FK UNAIR, pada Rabu 22 Nopember 2017. Kegiatan yang merupakan aksi para dokter muda Fakultas Kedokteran  Universitas Airlangga Surabaya ini diikuti oleh seluruh 'stakeholder' dan pihak pihak yang peduli terhadap persoalan kematian ibu melahirkan.  Acara yang dihadiri oleh Camat,  Kepala Puskesmas, Ka UPT PPKB,  Kepala KUA, Perwakilan Kepala SLTA se Kecamatan Ngraho,  Bidan desa dan kader kesehatan desa  berjumlah lebih kurang 50 orang itu bertajuk "Kesehatan Reproduksi untuk mencegah kehamilan resiko tinggi". Selain paparan,  kegiatan berupa diskusi kelompok untuk menentukan alternatif tindakan.


Dalam paparan awal,  Ketua kelompok memaparkan data-data yang sangat menarik.  Pertama,  terdapat 60 prosen resiko tinggi dari total ibu hamil di Kecamatan Ngraho.  Kedua,  terdapat hasil survey yang cukup menggelitik.  Dengan mengambil responden siswa SLTA se Kecamatan Ngraho di dapatkan angka 68 prosen mereka mengetahui pentingnya kesehatan alat reproduksi,  namun dalam prosentase yang hampir sama para siswa SLTA tidak mengetahui usia ideal kehamilan.
Berangkat dari data di atas,  berkembang diskusi yang sangat menarik.
Setelah dilaksanakan diskusi kelompok,  dihasilkan rekomendasi tindaklanjut. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah mengadakan sosialisasi arti penting menunda pernikahan dan atau kehamilan, yang akan di laksanakan di seluruh SLTA Negeri di Kecamatan Ngraho pada Senin, 27 Nopember 2017.
Kegiatan yang dipandu pembimbing,  dr. Rizky, Sp. OG tersebut bermakna penting bagi peningkatan derajad kesehatan masyarakat.  Selain itu,  dari data awal yang terungkap semoga memantik keprihatinan kita semua terhadap indikasi dekadensi moral remaja di sekitar kita.
Kegiatan di tutup dengan penandatanganan MoU dari para pihak terhadap rencana aksi jangka pendek.
Selanjutnya,  untuk kepentingan jangka panjang,  perlu ada program sistematis dan bersifat lintas SKPD dan lintas masyarakat.


By Admin
Dibuat tanggal 23-11-2017
455 Dilihat