Penganugerahan Trophy dan Penghargaan  Lomba Gerbang Bojonegoro Bersinar (GBB) 2018 terasa berbeda bagi Kecamatan Ngraho dibanding acara yang sama di tahun tahun sebelumnya. Pada penghujung akhir masa jabatan Bupati Suyoto, 4 orang mewakili Kecamatan Ngraho untuk bersalaman dengan Bupati dan menerima ucapan selamat atas raihan kejuaraan lomba di bidang kebersihan, keindahan dan keberdayaan dalam penataan dan pengelolaan lingkungan tersebut.


Bertempat di Tirtawana Dander Park, Jumat 2 Maret 2018 Drs.Imam Khambali, MM Kepala SMAN Ngraho meraih trophy pemenang Sekolah Peduli Lingkungan Hidup 2018, bersama delapan Kepala SLTA se Kabupaten.
Selain Imam Khambali, di tingkat desa, dalam kategori Pratama Ngraho mencatatkan 3 RT di 3 desa sebagai pemenang lomba yang dihelat untuk mendorong pembangunan lingkungan hidup tersebut. Masing masing adalah RT 3, RW.01 Desa Kalirejo, RT. 06 RW.2 Desa Ngraho dan RT.07 RW.3 Desa Blimbinggede. Serasa berbeda dengan tahun sebelumnya karena pada tahun ini, Lomba GBB 2018 mengambil satuan penilaian di tingkat RT. Tidak seluruh desa seperti biasanya. Terhadap perubahan ini, Mokh.Khanif, Kepala Bidang yang menangani menyatakan bahwa dengan mempersempit wilayah penilaian diharapkan seluruh desa di Kabupaten Bojonegoro akan lebih fokus dalam membangun lingkungan hidup. "Selain itu, diharapkan akan menimbulkan efek malu bagi RT yang berbatasan sehingga tanpa sengaja akan tercipta lingkungan yang bersih, indah, asri, berkelanjutan dan berkeswadayaan dalam satu desa" demikian Khanif menambahkan.
Sementara itu, Moh.Yusuf Kepala Seksi Pelayanan Umum Kecamatan Ngraho menjelaskan bahwa dipilihnya ketiga RT tersebut untuk mewakili Kecamatan Ngraho karena memang di lokasi itu sudah terbangun budaya bersih dan indah. "Sehingga ketika harus mengikuti lomba, lingkungan tidak perlu berbenah secara habis habisan hanya semata kepentingan lomba. Sebaliknya, mau dilombakan atau tidak, 3 RT tersebut memang begitu keadaannya", demikian Yusuf menimpali dengan tersenyum.
Dalam penganugerahan yang dihadiri seluruh Kepala SKPD dan LSM peduli lingkungan hidup, selain menerima trophy dan piagam, Bupati juga menyerahkan sejumlah uang Pembinaan. Dalam pengarahannya Bupati menekankan pentingnya membangun lingkungan demi keberlangsungan kehidupan. Tentu, Bupati berpesan untuk mewujudkan "Desa Rasa Kota" sebagai suasana ideal yang ingin diwujudkan oleh masyarakat Bojonegoro.


By Admin
Dibuat tanggal 05-03-2018
363 Dilihat