Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Kecamatan Ngraho Bojonegoro © 2014
Visi dan Misi Kecamatan Ngraho

Kecamatan Ngraho dalam menetapkan visi dan misinya didasarkan pada Peraturan Daerah Nomor Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2013-2018, yakni Terwujudnya Pondasi Kabupaten Bojonegoro yang Produktif, Berdaya Saing, Adil, Bahagia, Sejahtera dan Berkelanjutan.

  1. 1.            Visi

Visi adalah cara pandang jauh ke depan yang di dalamnya mencerminkan apa yang ingin dicapai dan ke mana organisasi akan diarahkan pada akhir perencanaan. Untuk melaksanakan wewenang dan tanggung jawab tersebut  serta berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi, maka, visi Kecamatan Ngraho adalah :

“Meningkatnya Tata Pemerintahan Kecamatan Ngraho Yang Profesional, Responsif, Efektif Dan Inovatif dalam Pelayanan Prima Kepada Masyarakat dan Pengkoordinasian Progam Kerja Pembangunan”

Makna visi :

Pertama       :    Profesionalisme, mengandung makna bahwa sebagai aparatur memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dalam memberikan layanan dengan ukuran tingkat tanggungjawab dan penghayatan akan tugas, tercukupinya kemampuan konsep dan teknis pelayanan, terdapatnya standar operasional prosedur yang ringkas tetapi tetap mengindahkan kebenaran administrasi publik, pemahaman aturan/prosedur kemahiran dan kearifan dalam memberikan pelayananan kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman  serta berpegang teguh pada etika profesi, memiliki self control dan berprestasi pada mutu/kualitas kinerja dengan cara kerja yang lebih efisien, efektif.

 

Kedua          :   Selain itu, aparatur pemberi layanan juga dituntut bersifat responsif, yakni aparatur dituntut memiliki kepekaan/daya tanggap yang tinggi atas permasalahan dan tuntutan masyarakat, cepat bertindak dan cepat menyesuaikan (dengan lingkungan dan tuntutan), aspiratif/akomodatif, kondusifitas wilayah dan keinginan untuk memberi pelayanan terbaik (pelayanan prima).

 Ketiga         :   Selain responsif, dalam memberikan layanan aparatur pemerintah harus Efektif,  mengandung makna bahwa sebagai aparatur dituntut memiliki peran fungsi koordinatif, sinkronisasi dan sinergitas dari stakeholder untuk menghasilkan kinerja yang tepat sasaran.

Keempat      :   Selanjutnya, dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat, aparatur pelayanan dituntut Inovatif, mengandung makna bahwa aparatur dituntut mampu mengembangkan kreatifitas dalam pengembangan potensi sumber daya dalam proses perencanaan yang baik guna menjawab tantangan yang semakin komplek kedepan.

Kelima          :  Pelayanan Prima, mengandung makna bahwa sebagai aparatur dituntut melayani masyarakat dengan ramah, tepat dan cepat serta menciptakan suasana agar masyarakat merasa dipentingkan sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap masyarakat.

 

  1. 2.            Misi

Misi merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi sesuai dengan visi yang ditetapkan. Oleh karenanya, misi  Kecamatan Ngraho adalah :

  1. Meningkatkan tertib penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dan desa melalui peningkatan disiplin dan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan
  2. Meningkatkan pelayanan prima melalui peningkatan kualitas aparatur serta penyediaan sarana prasarana pendukung pelayanan
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang pemerintahan dan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama para penyelenggara pemerintahan di tingkat kecamatan.